Proses Penjemuran Emping Terbesar Limpung - Produsen Emping Melinjo Limpung
Produsen Emping Melinjo Limpung

Produsen Emping Limpung dengan Gudang dan Pekerja Mandiri

Menu

Proses Penjemuran Emping Terbesar Limpung

Jan
11
2016
by : admina. Posted in : Artikel

Anda mungkin sudah menegtahui proses penjemuran emping belinjo ya ini proses sangat mirip dan memang sama karena emping limpung itu ya menjual emping belinjo ini anda dapat melihat gambar di bawah ini untuk proses penjemuran emping belinjo. Kami memiliki lahan luas untuk proses penjemuran emping .

penjemuran emping

emping belinjo garing

emping garing

ADA BAIKNYA SEKALIAN KITA MENGETAHUI PROSES PEMBUATAN EMPING YAA ..

Langsung saja ini to the point yaa … yang ke1. Melinjo diKumpulkan buah melinjo yang sudah matang atau masak, anda bisa memetiknya langsung dari pohonnya atau mengambil buah-buah melinjo yang telah jatuh asalkan kualitasnya masih baik. Buah melinjo yang telah masak biasanya berwarna merah atau kuning. Kemudian yang ke2. Kupas kulit buah melinjo tersebut sampai bersih, sehingga yang tersisa hanya biji melinjo. Buah melinjo yang didapat dari memetik langsung diatas pohon, usahakan jangan dikupas dulu tunggu sekitar 2 jam untuk menghilangkan getahnya.
Cara yang ke3. Untuk tahap selanjutnya usahakan menyimpan melinjo selama 1 hari terlebih dulu, agar melinjo bisa cepat masak saat diongseng. Ke4. Siapkan wajan untuk proses sangrai atau pengongsengan biji melinjo dengan pasir. Ke5. Ketika proses pengongsengan, biarkan biji melinjo tersebut didalam pasir kira-kira sekitar 3-4 menit. Hingga kulit biji melinjo tersebut berwarna hitam dan terasa panas. Ke6. Jika kulit melinjo sudah menghitam, angkat biji melinjo tersebut dari wajan untuk proses selanjutnya, yaitu dijadikan emping. Ke7. Pecahkan kulit keras biji melinjo tersebut sehingga yang tersisa hanya biji melinjo bagian dalam yang berwarna putih. Ke8. Letakkan biji melinjo tersebut diatas talanan, lalu pukul dengan palu hingga biji melinjo tersebut rata dan menjadi emping. Emping melinjo ini bisa dibuat dengan berbagai ukuran dengan cara menggabungkan beberapa biji melinjo menjadi satu bentuk. Ke9. Tunggu hingga emping melinjo tersebut dingin. Jika sudah dingin, gunakan sendok sekap yang pipih atau rata untuk membalik ataupun mengangkat emping yang menempel di talenan tersebut.
10. Angkat dan pindahkan emping ke tempat atau wadah penjemuran. Lakukan penjemuran emping melinjo tersebut sebentar saja, jika dalam cuaca cerah kira – kira selama 2 jam.

11. Emping melinjo sudah siap digoreng atau dibungkus dalam kemasan untuk diju

artikel lainnya Proses Penjemuran Emping Terbesar Limpung

Friday 7 October 2016 | Artikel

PRODUK BARU EMPING LIMPUNG Aneka emping pedas, Rasa pedas manis , Rasa bawang gurih , Yg…

Pembuatan emping garut berdampak positif bagi masyarakat tani. Umbi garut yang dibuat emping memiliki nilai ekonomi…

Wednesday 28 June 2017 | Artikel

Emping Limpung sendiri merupakan sentra pusat emping melinjo, kini emping melinjo Emping Limpung telah merambah ke…

Produsen Emping Melinjo Limpung

Produsen Emping Limpung dengan Gudang dan Pekerja Mandiri

Alamat : Desa Surjo RT.2 RW.1 Kec. Bawang Kab. Batang 51274
081-328-55-55-98
081-328-55-55-98
081-6650-665